Kabel Rumah Dan Kabel Instalasi
Jenis kabel yang banyak digunakan untuk instalasi rumahtinggal pasangan tetap ialah kabel rumah NYA (dahulu juga banyak digunakan NGA), dan kabel instalasi NYM.
1 Penggunaan NYA dan NGA
Tentang penggunaan NYA dan NGA berlaku ketentuan-ketentuan berikut:
- Untuk pemasangan tetap harus dalam jangkauan tangan, NYA dan NGA di lindungi pipa instalasi
- Diruang lembab, NYA dan Nga harus di pasang dalam pipa PVC (ayat 742 A9)
- NYA dan NGA tidak boleh dipasang langsung menempel pada plasteran atau kayu, di tanam langsung di dalam plasteran atau kayu, tetapi harus dilindungi dengan pipa instalasi (ayat 742 A1)
- Kalau dipasang diluar jangkauan tangan, NYA dan NGA boleh dipasang terbuka dengan mengunakaan isolator jepit atau isolator rol; cara pemasangan nya harus sedemikian hingga ada jarak bebas minimal 1 cm terhadap dinding dan terhadap bagian lain dari bangunan atau konstruksi (ayat 742 A2)
- NYA dan NGA boleh diunakan di dalam alat listrik, perlengkapan hubungbagi dan sebagainya;
- NYA dan NGA tidak bolah digunakan di ruangan basah, di alam terbuka atau di tempat kerja atau gedung dengan bahaya kebakaran atau ledakan .

Jumalah kabel rumah yang boleh dipasang dalam satu pipa instalasi, tidak boleh melebihi jumlah yang tercamtum dalam table 3.2 untuk NYA dan table 3.3 untuk NGA (ayat 743 A6).
Untuk ukuran – ukuran yang tidak tercamtum dalam table 3.3, jumlah kabel rumah yang boleh dipasang dalam satu pipa instalasi ditentukan sedemikian hinggga fk tor pengisian tidak melebihi ketentuan dibawah ini (ayat 743 A8).
Jumlah kabel Rumah Rumah faktor pengisian
dalam satu pipa Maksimum
1 50 %
2 33 1/3 %
3 atau lebih 40 %

Dimana Jumlah Luas Penampang
faktor pengisian = luar semua kabel rumah X 100%
Luas penampang dalam
dari pipa

2. Penggunaan NYM

Tentang penggunaanNYM berlku ketentuan – ketentuan berikut ini (ayat 742 B1):

- NYM boleh dipasang langsung menempel pada plesteran kayu atau ditanam langsung dalam plasteran, juga di ruang lembab atau basah, di tempat kerja atau gudang dengan bahaya kebakaran atau ledakan
- NYM juga boleh dipasang langsung pada bagian-bagian lain dan bangunan kontruksi, rangka dan sebagainya,asalkan cara pemasangannya tidak merusak selubung luar kabelnya.
- NYM tidak boleh dipasang didalam tanah.
Untuk pemasangannya digunakan klem dengan jarak antara yang cukup rapat, sehingga kobelnya terpasang rapi, lurus dan tidak melendut.
Kalau dipasang di ruang lembab harus di gunakan kotak sambung yang kedap air dan kedap lembab (ayat 742 B3).
3 Identifikasi hantaran dengan warna
Mengenal penggunaan warna untuk identifikasi hantaran berlaku ketentuan-ketentuan di bawah ini (pasal 720).
- Untuk hantaran pertaanahan hanya boleh digunakan warna majemuk hijau-kuning. Warna ini tidak boleh digunakan untuk tujun lin.
- Pada instalasi dengan warna netral atau kawat tengah digunakan warna biru.
- Pada instalasi 3 fasa, warna yang harus digunakan untuk fasa-fasa adalah:
1. Fasa 1 (fasa R) : Merah
2. Fasa 2 (fasa S) : Kuning
3. Fasa 3 (fasa T) : Hitam
- Ketentuan-ketentuan di atas berlaku untuk semua instalasi penerangan tetap maupun sementara, termasuk dalam perlengkapan hubungan-bagi.
- Kabel berselubung berurat boleh digunakan untuk hantaran fasa, netral maupun pertanahan, asalkan isolasinya yang terlihat dikedua ujung kebel (yaitu bagian yang dikupas selubungnya), dibalut dengan pita berwarna yang sesuai dengan warna-warna tersebut diatas(ayat 729 F10.
Ketentuan-ketentuan diatas berlaku untuk hantaran berisolasi tunggal seperti NYA dan NGA, maupun kabel untuk berurat banyak, seperti NYM,NYY dan lainnya.
4. Luas penampang Hantaran
Luas penampng hantaran yang harus digunakan pertama-tama ditentukan oleh kemampuan hantar arus yang diperlukan dan suhu keliling yang harus diperhitungkan. Selain itu harus juga diperhatikan rugi tegangannya. Menurut ayat 413 A5, rugi tegangan antara perlengkapan hubung-bagi utama (yaitu berada di dekat Kwh-Meter PLN) dan setiap titik pada keadaan stasioner dengan beban penuh, tidak boleh melebihi 5%.
Disamping itu juga dipertimbangkan juga kemungkinan perluasan instalasi dikemudian hari, dan kekuatan mekanis hantarannya.
Menurut ayat 840 B1, untuk instalasi rumah tinggal pasangan tetap, hantarannya hjarus memiliki luas penampang sekurang-kurannya 1,5 mm²
Untuk saluran dua kawat, hantaran netralnya harus memiliki luas penampang sama dengan luas penampang hantarn fsanya (ayat 413 A4 sub a)
Untuk saluran fasa-tiga dengan hantaran netral, kemampuan hantar arus hantar netralnya harus sesuai dengan arus maksimum yang mungkin timbul dalam keadaan beban yang tak seimbang yng normal (ayat 413 sub b). Luas penampangbya harus sekurang-kurannya sama dengan luas penampng yang tercntum dalam table 3.4.
Dalam satu saluran fasa-tiga, semua hantaran fasanya harus memiliki luas penampang yang sama. Pengecualian hanya diperkenankan untuk keadaan-keadaan khusus (ayat 413 A3).

5. pembagian beban
untuk instalasiyang dibuhubungkan dengan tiga fasa, bebnnya harus dibagi setara mungkin atas masing-masing fasa.
Instalasi, harus dihubungkan dengan lebih dari satu rangkaian akhir dan sedapat mungkin dengan fasa yang berbeda. Ini terutama penting untuk gedung-gedung, dimana padamnya penrangan secara tiba-tiba dapt menimbulkan panik, misalnya di gedung pertunjukan, toko-toko, pasar dan sebagainya. Digedung-gedung demikian, penerangan ruangan dengan lebih dari enam titik lampu, penerangan di gang, tangga dan tempat keluar, harus dibagi atas sekurang-kurangnya dua rangkaian dan sedapat mungkin dibagi atas beberapa fasa (ayat 841 A5).


2 komentar em “ ”

  • 20 Oktober 2015 06.49
    ANDREA SHIRO Disse:

    terima kasih gan, sangat membantu

    delete
  • 13 November 2015 00.18
    iim Meuthia Disse:

    kabel NYY nya kok ga di jelasin min?

    delete

Posting Komentar

 

:Teknik::Kejurusan: Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger